Rabu, 01 Januari 2014

Tes Lengkap Lamborghini Aventador Roadster LP700-4.

Lamborghini paling ahli membuat mobil ikonik. Dari seluruh produk mereka, tipe roadster bermesin V12 selalu menjadi yang utama. Tahun ini, sebagai kado ulang tahun ke-50, Lamborghini pun menghadirkan versi terbaru roadster V12 dalam wujud Aventador yang fenomenal. Kami sudah mencobanya di Miami awal tahun ini dan sekarang saatnya menjajal di Indonesia.

Teknisi Lamborghini mencurahkan banyak pikiran untuk atap yang bisa dibuka ini. Mereka menggunakan campuran serat karbon paling mutakhir untuk keringanan bobot serta kekuatan struktural. Hasilnya, Aventador Roadster ini hanya berbobot 60 kg di atas versi coupe dan memiliki rigiditas bodi serupa.

Tapi harus diakui memang butuh usaha dan waktu lebih untuk membuka tutup atapnya karena tak dilengkapi pelipat otomatis. Lamborghini tak ingin alat itu menambah bobot dan menyebabkan bentuk mobil tak secantik ini.

Ada luapan rasa tegang dan ceria saat memasuki kabinnya yang begitu modern. Posisi duduk luar biasa ergonomis dipadu bahan dan desain eksotis di kabin akan membuat Anda melupakan semua hal di dunia. Yang diinginkan di kabinnya hanya satu, segera mengendarainya.

Tekan tombol start di tengah, seketika unit mesin 5.498 cc-nya menderu keras. Suara-nya begitu merdu dan membuat ketagihan mendengarkannya. Ketika atap ditutup peredamannya memang sangat baik, namun Anda bisa membuka jendela kecil di belakang yang membuat kuping Anda langsung terhubung dengan mesin. Itu satu fitur kecil yang menggambarkan betapa Lamborghini menginginkan konsumennya menikmati keindahan suara mesin mereka.

Jalankan mobil ini di dalam kota, Anda akan merasa terintimidasi dengan visibilitas sempit serta dimensinya yang lebar. Penyaluran tenaganya sendiri tak menegangkan di moda Strada karena cukup halus dan mudah dikontrol. Tapi begitu moda pengendaraan dipindahkan ke moda Corsa dan Anda berani menekan gas lebih dalam, seketika semuanya berubah.

Dalam hitungan milidetik suara mesin berubah sangat garang serta badan terantuk ke belakang dengan keras. Hanya butuh waktu sekejap untuk membuat mesinnya menjerit ke 8.500 rpm. Tekan paddle-shift untuk menaikkan gigi, dan transmisi ini akan melakukan perpindahan secara kasar yang membuat kepala Anda terantuk lagi ke kursi.

Klaim 0-100 km/jam mobil ini dicapai dalam 3,0 detik. Di Indonesia dengan kondisi BBM tak sebaik di Eropa, kami masih bisa mencatat 3,3 detik. Hanya 0,1 detik di bawah tipe coupe. Kalau Anda punya nyali dan siap menanggung segala risiko­nya, Aventador Roadster siap melesatkan Anda ke top speed 350 km/jam. Di kecepatan itu, Anda akan menempuh panjang 1 lapangan bola dalam 1 detik saja.
 
First opinion
Mobil ini super dalam segala hal. Penampilannya luar biasa begitu pula rasa mengendarai serta performa brutalnya. Tidak lupa harganya juga super, hampir Rp 14 miliar dalam keadaan on-the road. Inilah mobil yang tepat bagi Anda para milyarder yang menginginkan supercar paling ekstrem. Jika tak mampu membelinya, mobil ini juga sangat bagus dikoleksi sebagai poster atau miniatur.

Sekilas Pandang
- Setiap tahun butuh sekitar Rp 150 juta untuk pajak STNK dan Rp 400 juta untuk mengasuransi­kannya.
- Baru ada 3 unit di Indonesia termasuk mobil tes kami, meski daftar tunggu sudah panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar