Jika Anda pecinta mobil dan modifikasi JDM (Japan Domestic Market), CR-Z Mugen RZ akan membawa Anda ke surga dunia. Tampilan luarnya sangat ‘JDM’ dengan cara yang berkelas. Lihat saja permainan spoiler berbahan serat karbon di sekujur bodi. Ban pun menggunakan tipe sport bercengkeraman dahsyat dengan ukuran favorit modifikasi JDM yakni 205/45 R17.
Secara keseluruhan dari luar mobil ini tampak seksi, ceria dan meletupkan gejolak jiwa muda. Apalagi dengan warna Azul Blue yang keren ini. Sebagai info, warna tersebut merupakan satu-satunya pilihan di tipe terbatas ini.
Tapi bukan Mugen namanya kalau hanya memoles eksterior. Di balik kap mesin, teknisi Mugen menyematkan sebuah supercharger yang mampu bekerja sinkron dengan mesin 1.496 cc hybrid-nya. Hasilnya tenaga naik 30 dk menjadi 156 dk. Enaknya supercharger, dari putaran bawah tenaga sudah terasa kuat. Saat akselerasi penuh motor listriknya sanggup menambah 20 dk lagi sehingga mobil mungil ini sekarang total memiliki 176 dk. Cukup untuk membuatnya menyengat di jalan.
Laju 0-100 km/jam kini tuntas dalam 8,3 detik saja. Tapi yang mengagumkan ia sama sekali tak kehilangan figur kehematannya. Di dalam kota secara meyakinkan masih mampu mencatat 14,5 km/liter sementara di tol bisa menorehkan 21 km/liter.
Tapi figur itu hanyalah angka. Hal yang paling menggoda indera kita ada di interiornya. Tata letak instrumen futuristis di CR-Z makin berkesan dengan kehadiran boost gauge di atas dasbor. Tuas transmisi serat karbon juga menambah sporty suasana. Kami sendiri sangat terkesan dengan posisi berkendaranya yang rendah dan ergonomis. Tak ada bosannya mengendarai mobil ini di jalan raya meski menggunakan manual. Dan sebagai catatan, Honda berhasil membuat transmisi manual ini bekerjasama secara sempurna dengan sistem auto start-stop mesinnya.
Selain itu mobil ini juga dilengkapi suspensi Mugen yang bisa diatur kekerasannya. Pengendalian jadi makin memukau meski rendahnya ground clearance membuat kita mesti berhati-hati di jalan rusak. Rem sendiri juga sangat responsif karena menggunakan Mugen.
Sebagai penanda ini mobil edisi spesial, terdapat emblem di tengah dasbor. Mobil tes kami memiliki nomor registrasi 088. Hal ini menimbulkan perasaan berada di sebuah mobil spesial. Tapi karena ini mobil sejatinya hanya dijual di Jepang, jangan kaget kalau MID-nya pun berbahasa Jepang. Butuh waktu agak lama dan dibarengi menebak-nebak hanya untuk mengatur jam.
Lupakan pula membawa teman di belakang, karena 2 bangku yang tersedia begitu mungil dan hanya cocok untuk balita. Mungkin bukan masalah, karena mobil ini memang paling nikmat dikendarai sendiri dengan raungan knalpot Mugen yang khas.
Rival |
Abarth 695 Tributo Ferrari Mesin: 1.368 cc 4-silinder, 180 dk 0-100 km/jam: 7 detik (klaim) Harga: Rp 850 juta + Akselerasi kuat, transmisi ala Ferrari, pengendalian, dijual di Indonesia - Posisi mengemudi, bantingan keras, tak seeksklusif CR-Z |
First opinion
Jika dijual Indonesia harganya akan mencapai Rp 800 juta. Tapi harga itu sangat layak mengingat kualitas serta eksklusivitasnya. Banyak pesaing lain yang berlari lebih kencang, tapi hampir tak ada yang menawarkan keasyikan, kehematan serta eksklusivitas seperti CR-Z Mugen RZ. Sangat disayangkan mobil ini tak untuk dijual.
Sekilas Pandang
- Hanya dijual di Jepang.
- Unit tes kami adalah mobil pameran di IIMS yang kini dimiliki Honda Prospect Motor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar